oleh

Plh BUPATI OKU dan KETUA KPK RI MENGHADIRI PERSEMIAN JEMBATAN TANGSI LONTAR

{KO}-Com,PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Bersama Forkopimda OKU Menghadiri Peresmian Infrastruktur Jembatan Air Lontar Oleh Menteri PUPR Ir. Mochamad Basuki Hadi Muljono, M.Sc., Ph.D., di Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya. Minggu, (26/2).

Jembatan Air Lontar menghubungkan Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya dan Desa Tangsi Lontar Kecamatan Pengandonan Kabupaten OKU, dengan jenis jembatan rangka baja memiliki panjang 90 Meter (50 M+40 M) dan Lebar 6 Meter, adapuan masa pelaksanaan di tahun 2021, dengan anggaran biaya Rp 8,9 M serta manfaat dibangunnya jembatan ini untuk meningkatkan konektivitas jaringan jalan di Kabupaten OKU antara Desa Tangsi Lontar Kecamatan Pengandonan dan Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya yang sebelumnya terhubung dengan jembatan gantung meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Lontar dan Tangsi Lontar yang mayoritas mata pencaharian sebagai petani.

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah untuk Kabupaten OKU khususnya untuk masyarakat Desa Lontar dan Tangsi Lontar dikarenakan telah diresmikannya jembatan penghubung antara kedua Desa tersebut.

Lantas Edward Candra mengungkapkan, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat OKU atas kunjungan Bapak Firli Bahuri yang juga sebagai Ketua KPK RI, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel serta para Bupati yang telah menyempatkan diri hadir pada peresmian Jembatan Air Lontar di Bumi Sebimbing Sekundang Kabupaten OKU ini.

BACA JUGA =  DIDUGA FIKTIF PENGADAAN LELE DAN REHABILITASI KOLAM

Dijelaskannya, adapun jembatan Air Lontar ini menghubungkan dua Kecamatan utama yaitu Kecamatan Muara jaya dengan 7 Desa dan Kecamatan Pengandonan dengan 12 Desa, dari jumlah penduduk kedua Kecamatan ini sekitar 17.916 jiwa.

Tentu saja jembatan Air Lontar ini sangat bermanfaat untuk akses mobilitas penduduk,tambah Edward Candra, selain itu juga merupakan wujud upaya penyiapan infrastruktur dasar pelayan publik, serta untuk mengembangkan sentra perekonomian masyarakat di daerah ini adalah basisnya dari sektor pertanian.

Serta telah dibangun juga kantor Polsek Muara Jaya yang juga di suport melalui bantuan dari Gubernur Sumsel, adapun tahap pembangunannya sudah selesai, Polsek ini bertempat di Desa Lontar untuk menunjang Kamtibmas khususnya di Kecamatan Muara Jaya.,” Kata Edward Candra.Sambungnya, kami pun terus di support oleh Gubernur Sumsel melalui bantuan Gubernur sejak 3 tahun terakhir ini.

Untuk ini mewakili Pemerintah Kabupaten dan masyarakat OKU mengucapkan terimakasih serta memberikan apresiasi atas semua upaya dan komitmen serta dukungan dalam penyiapan/penyediaan infrastruktur ini, terutama kepada Menteri PUPR, Gubernur Sumsel, dan kepada bapak Firli Bahuri selaku ketua KPK RI yang merupakan putra daerah asli Desa Lontar yang terus mendorong agar lancarnya pekerjaan pembangunan ini,” ujarnya.

Sementara,Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, menyampaikan bahwa kehadiran Ketua KPK RI, Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan pada acara peresmian jembatan Air Lontar hari ini merupakan suatu kebanggaan dan sangat dinantikan oleh masyarakat disini.

BACA JUGA =  PEMBANGUNAN JEMBATAN TANJUNG KEMALA TERBENGKALAI

Dan begitu berharapnya masyarakat Kabupaten OKU kepada Menteri PUPR, Menteri Perhubungan dan khususnya Ketua KPK RI, karena merupakan putra daerah yang sudah terbukti memberikan perhatian kepada Provinsi Sumsel dan Kabupaten OKU,” kata Herman Deru.

Dan terlaksana pembangunan jembatan ini dibangun atas hasil diskusi dan inisiasi oleh Ketua KPK RI saat masih menjadi Kapolda Sumsel, bahwa di daerah ini perlu akses khusus untuk mempercepat produksi pertanian dikarenakan daerah ini adalah penghasil padi yang memiliki rasa berkualitas.

Serta kami mengundang para tamu pada acara peresmian ini untuk menyaksikan kebanggaan sekaligus meresmikan jembatan Air Lontar ini, yang dibangun atas pendanaan kolaborasi dari Kementerian PUPR, Pemprov Sumsel, dan Pemkab OKU,” imbuhnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Mochamad Basuki Hadi Muljono, M.Sc., Ph.D., pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada bapak Firli Bahuri Ketua KPK RI yang telah mengusulkan beberapa pembangun, salah satunya pembangunan jembatan permanen ini menggantikan jembatan gantung sebelumnya.

Sementara ini membuktikan bahwa Pemerintahan Presiden Jokowi saat ini tidak hanya melaksanakan pembangunan-pembangunan infrastruktur yang besar namun juga pembangunan infrastruktur kemasyarakatan seperti ini yang juga terus kita gencarkan, termasuk juga jembatan gantung yang telah selesai dibangun sebanyak ribuan hampir di seluruh daerah di Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA =  Bupati Oku meninjau bangunan jembatan didesalubuk batang

Adapun usulan dari masyarakat tentang perbaikan irigasi, Menteri PUPR akan menindaklanjuti untuk memperbaiki irigasi tersebut dengan membangun bendung irigasi melalui anggaran di tahun 2023 agar diharapkan hasil panen masyarakat dapat lebih meningkat.

Kemudian Menteri PUPR berharap semoga jembatan ini nantinya dapat kita operasikan bersama dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat di daerah sekitar.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPK RI Firli Bahuri, menyampaikan rasa haru dan bangga sebagai putra daerah Desa Lontar atas pembangunan jembatan Air Lontar ini yang sangat dinanti-nantikan selama ini.

Dengan setelah diresmikannya jembatan Air Lontar ini sangat membantu masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan arus transportasi semakin lancar, untuk itu atas nama masyarakat Desa Lontar mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian PUPR dan Gubernur Sumsel atas telah selesainya pembangunan jembatan ini, semoga menjadi nilai ibadah dalam pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Dan selanjutnya acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti dan Pemecahan Kendi sebagai tanda diresmikannya jembatan Air Lontar.

Persemian jembatan yang hadir mewakili Forkopimda Provinsi Sumsel, Ketua DPRD OKU, Dandim 0403 OKU, Kapolres OKU, Kajari OKU, Kakan Kemenag OKU, OPD Terkait Provinsi Sumsel, OPD Terkait Kabupaten OKU berserta para undangan lainnya(red*).

Komentar

News Feed